Senin, 09 Oktober 2017

Batu Akik Termahal

Batu Akik

Negara Indonesia tergolong negara yang luas sekali dan terdiri dari ribuan pulau. Negara Indonesia pun berada di atas lingkaran api atau lava, atau juga dikenal dengan nama ‘Ring of Fire’ dan dari proses alam itu, terbentuklah bebatuan alam yang langka. Karena proses alam, batu alam ini atau yang dikenal di Indonesia dengan nama batu akik, dikenal sebagai batu yang terbentuk

Gemstone atau batu akik harganya sungguh beragam, semakin unik, berkualitas, langka dan indah satu batu, harganya pun bakal meningkat. Kualitas sebuah batu dinilai dari taraf kekerasannya (dihitung berdasarkan skala Mohs) sedangkan keindahan sebuah batu dinilai dari warna dan pancarannya.

Batu Akik Termahal di Dunia
Penggemar batu akik tentunya sangat banyak di dunia, ada yang cuma mau dijadikan koleksi, ada juga yang dijadikan perhiasan untuk aksesori seperti cincin, kalung atau gelang. Di antara banyaknya batu akik yang beredar di dunia, berikut adalah 10 jenis batu akik yang paling mahal di semua dunia:

Jenis 1: Batu Akik Jadeite
Batu Jadeite tidak sama dengan batu giok walaupun biasanya memiliki warna yang serupa yakni berwarna hijau gelap atau terang. Batu ini dipercaya memberikan keberuntungan. Tergolong salah satu batu akik yang sungguh langka dan susah sekali ditemukan. Tak heran harga tertingginya mencapai kurang lebih US$9,3 juta (Rp123,69 miliar).


Jenis 2: Batu Akik Berlian Merah
Sama halnya dengan Jadeite, berlian merah tergolong batu perhiasan yang sangat langka dan tidak mudah ditemukan. salah satu ciri khas dari batu ini merupakan warna merah layaknya merah darah dan kilau yang sungguh terang. Setiap satuan karatnya, berlian merah dijual dengan harga jutaan dolar AS.

Jenis 3: Batu Akik Serendibite
Selanjutnya, batu yang satu  ini juga tidak kalah mahal. Batu Serendibite ini juga tergolong batu perhiasan yang langka dan dijual dengan harga mencapai US$2,5 juta (Rp33,25 miliar). Serendibite hanya dapat ditemukan di 2 negara di dunia, Sri Lanka dan Burma (Myanmar). Level kekerasan Serendibite mencapai 6,5 Mohs sampai tujuh Mohs. Saat disinari oleh cahaya, tetapi


Jenis 4: Batu Akik Garnet
Batu Akik Garnet mempunyai warna yang berbagai, ada yang gelap ada juga yang berwarna warni seperti oranye, pink, merah, kuning, coklat. Meski terdapat tidak sedikit pilihan, batu akik Garnet tetap saja tergolong batu akik yang langka dan salah satu jenis batu Garnet yang paling langka yakni Blue Garnet, harganya pun mampu mencapai US$1,5 juta (Rp19,95 miliar). Blue Garnet pertama kali ditemukan pada tahun 1990 di Bekily, Madagaskar.

Jenis 5: Batu Akik Painite
Batu ini pertama kali ditemukan oleh seorang peneliti Inggris di negara Myanmar di tahun 1950-an. Batu ini per karatnya dijual dengan harga US$60 ribu (Rp798 juta). Kelangkaan Painite terbukti dari jumlah batu yang hanya ada tiga  di dunia, meskipun begitu, tidak sedikit yang berpendapat bahwa Painite masih tidak sedikit terdapat di lapisan tanah Myanmar, tempat pertama kali Painite ditemukan.

Jenis 6: Dikarenakan batu ini termasuk sangat langka, batu Akik Gradidierite
Tingginya harga batu akik yang satu  ini Batu ini pertama kali ditemukan di Pulau Madagaskar Selatan, Afrika di tahun 1992 oleh seorang yang bernama Alfred Grandider. Karena itu, oleh

Ciri khas batu akik ini adalah kilau jernih seperti batu berlian tetapi perbedaannya, di batu Gradidierite terdapat warna kebiruan. Setiap karatnya, batu akik ini berharga US$50 ribu (Rp665 juta).
https://wahyumulia.com/shop

Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia 05 - Finansialku

Jenis 7: Batu Akik Musgravite
Pertama kali ditemukan di tahun 1967 dan harganya sekitar US$35 ribu (Rp465,5 juta). Lantaran ditemukan di daerah Musgrave, dinamakan Musgravite Selain di Australia, Musgravite juga ditemukan di Greenland dan Madagaskar.

Jenis 8: Batu Akik Red Beryl Emerald
Red Beryl Emerald pertama kali ditemukan di Meksiko dan pegunungan Utah. Setiap karatnya batu ini dijual dengan harga US$10 ribu (Rp133 juta). Red Beryl Emerald tergolong dalam golongan batu Beryl, sering disebut sebagai ‘Red Emerald’ atau ‘Zamrud Merah’.

Jenis 9: Batu Akik Black Opal
Tak cuma termahal di dunia, Black Opal juga tergolong batu akik yang termahal di Indonesia dan sungguh banyak penggemarnya dari Indonesia. Kabarnya, mutu terbaik batu opal adalah dari Australia dan batu opal yang paling terkenal dikenal sebagai Black Opal, harganya mencapai US$2.500 (Rp33,25 juta). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar